A. LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Dalam suatu proses
pendidikan digunakan evaluasi, akreditasi dan sertifikasi, yang gunanya untuk
memantau perkembangan pendidikan. Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian
mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara
pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Menurut Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan Pasal 19 Ayat 3 disebutkan bahwa Setiap satuan pendidikan melakukan
perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian
hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran yang efektif dan
efisien. Selanjutnya menurut Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
Pendidikan pasal 22 disebutkan pula bahwa penilaian hasil pembelajaran
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (3) pada jenjang pendidikan dasar dan
menengah melalui berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang
harus dikuasai.
Saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Komunikasi
dapat dilakuakan tidak harus dengan bertatap muka. Bahkan dari tempat yang
saling berjauhanpun, komunikasi dapat dilakukan. Saat ini, media internet sudah
tidak asing lagi. Berbagai aplikasi online
dapat dengan mudah diinstall dan digunakan di computer maupun di gadget dalam
berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kemajuan teknologi ini, banyak yang
memanfaatkan aplikasi whatsapplication
dan email sebagai sarana untuk
komunikasi online.
Memahami amanah dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
tersebut dan melihat perkembangan teknologi, dan juga dengan adanya LPMP Banten
melanjutkan melaksanakan kegiatan piloting sekolah yang di tahun 2015 berfokus
pada standar penilaian pendidikan serta dengan banyaknya masyarakat yang
menggunakan whatsapplication
dan email sebagai sarana untuk
komunikasi online, maka perlu adanya
inovasi untuk pemanfaatan whatsapplication dan email sebagai sarana untuk komunikasi online untuk
memperlancar ketercapaian sasaran kegiatan piloting sekolah dengan disesuaikan pada
daya dukung yang dimiliki oleh sekolah terutama di SMPN 3 Rangkasbitung dan
SMPN 1 Cikulur.
B. TUJUAN
Tujuan dari analisis kebutuhan ini adalah untuk
mengidentifikasi daya dukung teknologi yang dimiliki sekolah terutama yang
dimiliki oleh para guru di SMPN 3 Rangkasbitung dan SMPN 1 Cikulur kabupaten
Lebak, yang dapat dimanfaatkan untuk menyukseskan program piloting sekolah yang
berfokus pada penyusunan kisi-kisi soal berdasarkan analisis kompetensi dasar
mata pelajaran dalam pembelajaran di sekolah.
C. HASIL ANALISIS
Jaringan internet banyak diminati oleh banyak kalangan dan sudah
menjadi suatu kebutuhan baik perorangan maupun instansi–instansi pemerintah. Fasilitas
yang terdapat di internet cukup banyak jenis dan kegunaannya sehingga dapat
memberikan dukungan bagi kegiatan akademik, kalangan media massa, praktisi
bisnis, keperluan pemerintahan, dan para peneliti. Kalangan siswa, pelajar,
guru, maupun pegawai perkantoran sudah tidak asing lagi dalam penggunaan
internet. Berbagai alasan muncul dari pemanfaatan jaringan internet. Dari hanya
sekedar untuk menghabiskan waktu dengan bermain game secara online, berkomunikasi lewat sosial
media, maupun memanfaatkan jaringan internet untuk bidang pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, jaringan
internet banyak dimanfaatkan sebagai sumber dan sarana pembelajaran, yang dapat
diimplemetasikan dalam beberapa point berikut.
1. Browsing
Pemanfaatan
jaringan internet yang hanya digunakan untuk menjelajahi dunia maya.
2. Resourcing
Pemanfaatan jaringan internet sebagai sumber pengajaran. Di sini biasanya pendidik
menjadikan internet sebagai gudangnya informasi untuk mendapatkan informasi dan
data yang berkaitan dengan materi pengajaran yang akan disampaikan, dimana
alamat situs yang akan dikunjungi sebagai sumber materi ajar telah diketahui
terlebih dahulu melalui informasi yang telah diterimanya.
3. Searching
Searching merupakan proses pencarian sumber
pembelajaran yang gunanya untuk melengkapi materi yang akan disampaikan kepada
peserta didik. Dalam hal ini proses pencarian informasi dilakukan dengan memanfaatkan
Search engine karena berkaitan dengan
sumber informasi yang belum diketahui sebelumnya.
4.
Consulting dan Communicating
Pemanfaatan jaringan internet untuk kegiatan
konsultasi atau berkomunikasi dengan pihak lain. Fasilitas yang dapat digunakan
adalah dengan memanfaatkan fasilitas email maupun fasilitas chatting untuk berkomunikasi secara online.
Dengan adanya kewajiban bagi guru untuk mengisi
data dapodik maupun data di web PADAMU NEGERI, hal ini berimplikasi pada
sebagian besar guru sudah memiliki alamat email. Untuk guru-guru yang sudah
usia lanjut, kebanyakan dari mereka tidak bisa menggunakan computer maupun
memanfaatkan fasilitas chatting sebagai sarana komunikasi. Tetapi bagi
guru-guru yang usia muda, mereka lebih banyak menggunakan fasilitas chatting di
social media sebagai sarana untuk komunikasi.
Berdasarkan pada manfaat yang dapat diambil dari penggunaan
jariangan internet serta berdasarkan pada perencanaan sasaran kegiatan piloting
sekolah yang berfokus pada sistem penilaian dan berujung pangkal pada
penyusunan kisi-kisi soal, dan juga berdasarkan pada perencanaan bimbingan
teknis yang berupa pendampingan ke sekolah yang direncanakan berlangsung dalam
10(sepuluh) pertemuan per sekolah sasaran piloting, maka sangatlah cocok bila
internet dimanfaatkan sebagai fasilitas dalam Consulting dan Communicating. Untuk itu perlu disusun pemetaan fasilitas apa
yang dapat memungkinkan sesuai dengan kondisi sekolah dan gurunya sebagai
berikut.
Nama Sekolah
|
Faktor Pendukung
|
Faktor Penghambat
|
Fasilitas komunikasi yang
disarankan
|
|
SMPN 3
RANGKASBITUNG
|
1. Lokasi di daerah perkotaan
2. Jaringan internet di sekolah lancar
3. Sebagian besar guru memiliki laptop dan gadget android.
4. Sebagian besar guru berdomisi di daerah yang lancar jaringan
internetnya.
5. Kepala Sekolah mewajibkan semua gurunya untuk dapat menyusun kisi-kisi soal yang sesuai
dengan tuntutan SK dan KD
|
1. Kemampuan
guru dalam menyusun IPK masih lemah
2. Sebagian
besar guru dalam menyusun soal harian maupun soal UAS tidak berdasarkan kisi-kisi
soal dan tidak berdasarkan SK/KD dan indikator tetapi asal ambil dari buku
teks pelajaran.
3. Kemampuan
guru dalam memanfaatkan computer dalam penyusunan soal masih terbatas
|
1. Memanfaatkan
email untuk sarana konsultasi atau pembimbingan dalam penyusunan IPK,
kisi-kisi soal, maupun soal.
2. Membuat
grup whatsapp dan memanfaatkan-nya untuk pembimbingan secara online dengan pembimbing dari
LPMP.
|
|
SMPN 1 CIKULUR
|
1. Lokasi di ibukota kecamatan
2. Jaringan internet di sekolah kurang lancar
3. Sebagian kecil guru memiliki laptop.
4. Sebagian kecil guru berdomisili di daerah yang lancar jaringan
internetnya.
5. Kepala Sekolah tidak mewajibkan semua gurunya untuk dapat menyusun kisi-kisi soal yang sesuai
dengan tuntutan SK dan KD
|
1. Kemampuan
guru dalam menyusun IPK masih lemah
2. Sebagian
besar guru dalam menyusun soal harian maupun soal UAS tidak berdasarkan
kisi-kisi soal dan tidak berdasarkan SK/KD dan indikator tetapi asal ambil
dari buku teks pelajaran.
3. Kemampuan
guru dalam memanfaatkan computer dalam penyusunan soal masih terbatas
|
Memanfaatkan
email untuk sarana konsultasi atau pembimbingan dalam penyusunan IPK,
kisi-kisi soal, maupun soal.
|
D. KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
yang dapat diambil dari analisis diatas adalah sebagai
berikut.
1.
Penggunaan email dapat
digunakan sebagai sarana komunikasi antara guru-guru di SMPN 3 Rangkasbitung
dan SMPN 1 Cikulur dengan pembimbing dari LPMP dalam hal pembimbingan secara
individual untuk memperlancar ketercapaian terselesaikannya penyusunan
kisi-kisi soal sesuai dengan SK/KD dan IPK.
2.
Dengan melihat kondisi
jaringan internet yang dimiliki oleh sekolah maupun oleh masing-masing individu
guru di SMPN 3 Rangkasbitung tergolong lancar, maka disarankan agar dibuat grup
chatting
di whatsapplication
sebagai wahana pembimbingan atau konsultasi secara online antara pihak SMPN 3
Rangkasbitung dengan pembimbing dari LPMP.
3.
Dengan melihat kondisi
jaringan internet di SMPN 1 Cikulur kurang lancar dan juga sebagian kecil guru
punya komputer maupun gadget android, maka konsultasi online melalui media
whatsapplication tidak direkomendasikan.
Saran.
- Kepala
sekolah dari sekolah yang bersangkutan perlu untuk melakukan melakukan
pengecekan ke gurunya apakah memanfaatkan fasilitas email/whatsapp dalam
pembimbingan atau konsultasi penyusunan kisi-kisi soal.
- Guru
agar lebih aktif lagi dalam memanfaatkan konsultasi gratis yang disediakan
oleh pembimbing dari LPMP untuk pelayanan konsultasi pembelajaran.
Sumber Data:
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Muhammad
Adri, Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran
Sudirman Siahaan, 2014, Pemanfaatan
Teknologiinformas1 Dan Komunikasi (TIK) Untuk Pembelajaran: Sebuah Kajian Jumal
Teknodik Vol. 18 - Nomor 3, Desember 2014
Hamka,
2015, Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa IAIN Palu, Hunafa: Jurnal Studia Islamika Vol. 12, No. 1, Juni 2015: 95-119
Gusti
Ayu Made Mas Marhaeni, Analisis
Perilaku Penggunaan Aplikasi Pesan Instan Dengan Menggunakan Model Unified
Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Di Kota Bandung
Mariana Kristiyanti, 2010, Internet
Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif Majalah
Ilmiah INFORMATiKA Vol. 1 No. 1, Januari
2010
0 komentar:
Posting Komentar